;
Thursday 16 August 2012

Tutorial Membuat Kartu Ucapan with Photoshop


 Tutorial Membuat Kartu Ucapan with Photoshop

Hallo sobat sekalian, pada kesempatan kali ini Createivity.net akan bagikan kepada kalian semua yaitu "Tutorial Membuat Kartu Ucapan with Photoshop" kadang banyak sekali teman - teman ketika saat hari besar tiba seperti hari raya Idul Fitri atau yang lain misalkan, mereka pasti sibuk mencari dan ingin membeli berbagai kartu ucapan untuk di berikan kepada teman-temannya di kantor, sekolah/kampus, atau bahkan kerabat dekat serperti sanak saudara, pacar, ataupun orang tua. terkadang jua kita suka bingung dengan desain yang hanya begitu-begitu saja, tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, salah satu solusi agar desain dari kartu ucapan sesuai dengan kita adalah, kita harus membuatnya sendiri, Bagaimana caranya? mari kita simak tutorial berikut ini

kali ini kita akan menggunakan Program aplikasi Photoshop, karna nantinya sebagian besar kita akan menggunakan foto yang sudah ada untuk dijadikan background dari kartu ucapan kita nantinya, kita membuat kartu ucapan yang sederhana seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, kita bebas menggunakan foto dengan model seperti apa saja, yang penting temanya sesuai dengan kartu ucapan yang akan kita buat, jika seandainya kita ingin membuat sebuah kartu ucapan untuk teman kita yang sedang merayakan hari raya Natal, pastinya kita harus mencari bahan yang sesuai dengan hari natal seperti pohon natal, Kado, dan lain sebagainya, dan pewarnaan pada desain juga penting, mempengaruhi tema yang kita angkat.

Oke langsung saja Step pertama adalah, sediakan terlebih dahulu gambar yang akan kita edit, sesuai dengan tema masing-masing. kali ini berhubung kita mengangkat tema Idul Fitri maka dari itu kami akan menggunakan gambar Masjid di waktu senja seperti gambar di bawah ini.

 Tutorial Membuat Kartu Ucapan with Photoshop


kami mengambil gambar yang sekiranya cocok untuk sebuah tulisan dan tidak mengganggu gambar masjid di bagian bawah, kami akan memanfaatkan bagian tempat yang kosong untuk di gunakan sebagai tulisan ucapan Selamat Idul Fitri. caranya sangat mudah sekali, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah editing photo terlebih dahulu,tetapi sebelum itu kita siapkan dulu layer gambar kerjanya dengan ukuran 50x30cm, awal mula kami akan Crop terlebih dahulu bagian yang berwana hitam atau bagian pohon dan masjidnya. kami menggunakan Pen Tools untuk memotong bagian dari masjid dan pohon tersebut, setelah kami seleksi menggunakan pentools kemudian kami Duplicat layer Selection, dan akan menghasilkan terpotongnya bagian gambar masjid dan pohon.

Kemudian langkah ke dua, yaitu kita perlu samarkan sedikit bagian awan pada photo tersebut, kita bisa langsung saja gunakan menu Filter, dan pilih tools Blur, dan kita bisa atur sesuai dengan yang kita inginkan, kita gunakan Blur biasa saja, tanpa kita edit, dan menghasilkan gambar dari awan tersebut menjadi buram atau blur. nah pada bagian Masjid yang sudah kita Crop tadi, kita pastikan layer gambar masjid tersebut ada di bagian atas, posisinya harus berada pada layer paling atas, agar gambar tidak tertutup oleh gambar background yang kita blur tadi, setelah itu kita bisa lakukan pembuatan teks dari kartu ucapan kita. gunakan saja teks tools, dan isikan teks sesuai dengan apa yang akan kita sampaikan pada kawan kita, kami akan tambahkan teks dengan tulisan Selamat Idul Fitri 1433 H. Minal Aidzin Walfaidzin. dan jangan lupa untuk pemilihan font harus tepat tidak sembarang font cocok untuk kartu ucapan dengan tema yang berbeda. saya gunakan Font dengan bentuk Scrip karna memang Tema kali ini adalah Ramah dan bersahabat, namun elegand. jadi saya gunakan font tersebut untuk bagian teksnya. dan jadilah Kartu ucapan kita sendiri.


 Tutorial Membuat Kartu Ucapan with Photoshop

Nah bagaimana sobat? cukup mudah bukan cara membuatnya? tidak perlu lama-lama untuk mencari desain yang cocok untuk kartu ucapan kalian di toko dekat rumah kalian, kalia tinggal desain saja karu ucapannya sendiri, mudah sekali untuk melakukannya, atau jika kalian masih bingun dengan apa yang kami berikan di atas, kalian juga bisa tonton Video Tutorialnya disini, bisa kalian tiru apa yang kami lakukan pada video berikut ini.



Oke mungkin cukup sekian dulu ulasan kami tentang "Tutorial Membuat Kartu Ucapan with Photoshop" kalian bisa lakukan hal yang sama seperti yang kami berikan tadi pada tutorial di atas, dengan menggunakan tema yang berbeda, sesuai dengan apa yang akan kalian desain, dan pastikan apa yang kami sampaikan di atas tadi, kalian lakukan agar desain tampak lebih bagus, desain yang kami lakukan adalah desain sederhana, agar kalian khususnya para pemula tidak susah untuk mempraktekkan apa yang kami sampaikan di tutorialini. kami juga menggunakan program aplikasi yang mungkin bisa dibilang Jadul, karna agar kalianyang memiliki spesifikasi komputer kurang, juga bisa membuat dan mempraktekkan "Tutorial Membuat Kartu Ucapan with Photoshop" ini dengan mudah. oke cukup sekian dari kami, semoga artikel yang kami bagikan selalu bermanfaat untuk kalian semua, untuk para pemula dan para mahasiswa yang mungkin barusaja menempuh pelajaran yang berhubungan dengan photoshop dan ada kaitannya dengan tutorial membuat karu ucapan. Kami juga mohon maaf yang sebesar besarnya kalau seandainya pada ulasan kami tadi terdapat sepatah kata yang kurang berkenan, dan juga tidak lupa kami ucapkan Terimakasih yang sebesar-besarnya untuk kalian yang sudah berpartisipasi untuk membaca artikel kami ini. meskipun artikel kami masih proses menuju baik dan benar, Terimakasih dan Salam Create Your Createivity.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tutorial Membuat Kartu Ucapan with Photoshop

0 komentar:

Post a Comment