;
Monday 29 July 2013

Mengenal Program 3D Desain Google Sketchup




Hallo kawan semua, pada kesempatan yang berbahagia ini, kami Createivity.net akan bagikan artikel kepada kalian semua yaitu dengan judul "Mengenal Program 3D Desain Google Sketchup" di era yang semakin maju ini, kebutuhan desainer arsitektur atas program pendukung Desain 3D Visual yang memadai semakin di butuhkan. tidak hanya untuk kalangan arsitektur yang memiliki keuangan lebih untuk membeli perangkat yang mendukung di bidang kerjanya, seperti komputer dengan spesifikasi kualitas tinggi dan program aplikasi 3D yang sangat bagus seperti Autodesk 3DS MAX. juga di alami oleh arsitektur dengan keuangan menengah, atapun para Desainer grafis yang memiliki bakat minat di bidang Desain Arsitektur yang ingin belajar mengenai Desain 3D Visual. kali ini tidak perlu repot lagi, karna kita sudah memiliki solusi untuk itu semua. 

Google Sketchup jawabannya, Google Sketchup ini adalah sebuah program aplikasi komputer yang di khususkan untuk desain 3D visual. software aplikasi ini dikembangkan oleh Trimble Navigation, Ltd. yang berpusat di Sunnyvale, California, United States. aplikasi ini menawarkan fiture mini size untuk program aplikasinya, berbasis line, untuk membuat sebuah object ruang. aplikasi ini bisa di instal dengan minimal spesifikasi komputer.

Spesifikasi Minimal
  • 1 GHz processor.
  • 4 GB RAM.
  • 16 GB of total hard-disk space.
  • 300 MB of free hard-disk space.
  • 3D class Video Card with 512 MB 
selain memiliki ukuran data yang kecil dan memakan ruang komputer tidak terlalu besar, penggunaan interface juga lebih ringan dari pada program aplikasi 3D lainna. software ini sudah memiliki beberapa upgrade versi, berawal dari Google Sketchup 7, Google Sketchup 8, Google Sketchup 2013, Google Sketchup 2014, dan yang paling terbaru saat ini adalah Google Sketchup 2015. dan pada versi 2015 ini software aplikasi ini tidak support dengan Windows Vista, Windows XP, dan OS X 10.7 .(Lion).

Jelasnya dengan versi terbaru ini yaitu Sketchup 2015, aplikasi ini sudah memiliki perbaikan yang mungkin hampir sempurna  dari segi interface lebih frendly dan mudah untuk dipahami oleh para desainer amatir seperti kami ini, software aplikasi ini lebih mirip dengan Autodesk Autocad karna pemodelan di dasari oleh pembuatan garis terlebih dahulu, berbeda dengan Autodesk 3Ds MAX yang menggunakan object kubus solid, penggunaannya harus melalui pembuatan object solid terlebih dahulu, meskipun garis atau line bisa di edit menggunakan titik point atau per line. hal itu yang membuat Aplikasi Sketchup ini berbeda dengan yang lainnya. atau untuk lebih jelasnya kalian bisa saja baca langsung artikel dari Sketchup itu sendiri bisa kalian klik link ke alamat web resmi Google Sketchup, kalian juga bisa mendownloadnya dengan gratis untuk versi Trial. ini adalah tampilan interface dari Sketchup 2015 yang sudah ternstal dengan plugin Vray.


 Mengenal Program 3D Desain Google Sketchup


Selain itu Google sketchup juga bisa di lengkapi dengan Plugin", untuk penunjang memaksimalkan hasil akhir dari pemodelan di Google sketchup itu sendiri, banyak sekali Plugin yang bisa kalian dapatkan dengan gratis maupun yang berbayar, karna memang plugin sangat di butuhkan dalam proses finising seperti Rendering menggunakan Vray, lighting dan lain sebagainya. aplikasi itu bisa kalian cari sendiri di website" yang lain. ada beberapa karya kami yang menggunakan Sketchup 8 di tambah dengan Plugin Vray, dan di poles menggunakan Program aplikasi Photoshop, karna memang Komputer kami masih belum memadai untuk proses Rendering Full item. atau menggunakan banyak object di dalam pemodelan google sketchup. hal itu kami akali dengan memoles hasil akhir menggunakan Photosohop. dan seperti ini hasilnya.


 Mengenal Program 3D Desain Google Sketchup


Meskipun banyak kekurang, tidak telihat Real, tetapi menurut kami ini sudah hasil yang lumayan dan cukup bagus untuk di pandang, dengan hasil yang seperti ini saja, kalian sudah bisa untuk menjual hasil karya kalian pada konsumen atau teman rekan kerja kalian dengan harga yang relatif. dan ini hasil dari sketchup versi 2015, tanpa rendering. atau hasil mentahnya.

 Mengenal Program 3D Desain Google Sketchup


Oke sekarang kami akan jelaskan beberapa hal yang mendasar dari penggunaan program aplikasi Google Sketchup, yaitu kita harus mengenali terlebih dahulu tools yang tersedia pada program aplikasi ini.


 Mengenal Program 3D Desain Google Sketchup


Menu Bar.
yaitu baris dari menu yang sudah disediakan, seperti File, yaitu berguna untuk me-manaje file seperti menyimpan file, load, new file dan lain sebagainya.

Tools Bar.
yaitu baris perlengkapan peralatan, yang bisa kalian gunakan untuk memulai sebuah project pada gambar kerja, seperti penggunaan Line, untuk memulai penggambaran pada Drawing window dan lain sebagainya.

Drawing Window
yaitu tempat atau suatu layar gambar kerja, sudah pasti layar untuk mengerjakan suatu project. 

Status Bar.
untuk mendiskripsikan status yang sedang aktif pada apa yang kalian kerjakan. seperti ukuran, dan derajat.

agar kalian bisa lebih paham tentang bagian-bagian yang lain, bisa kalian pelajari sendiri dengan cara langsung praktik menggunakan program Google Sketchup tersebut, banyak hal yang bisa di lakukan dengan program aplikasi google sketchup ini, bukan hanya pembuatan 3D modeling architecture, tetapi juga bisa di gunakan untuk pemodelan mesin, tools, dan lain sebagainya. begitu canggih program aplikasi pada era ini, hingga kita bisa termudahkan dalam segala hal pekerjaan. apalagi di lengkapi dengan perangkat yang canggih seperti smartphone dan yang lainnya, pastinya kita bisa lebih menghemat tenaga dan waktu untuk segala pekerjaan kita. 

Oke mungkin begitu saja ulasan kami tentang artikel "Mengenal Program 3D Desain Google Sketchup" semoga apa yang saya sampaikan sebelumnya bermanfaat untuk kalian semua, dan itu sekelumit pengalaman saya dengan program aplikasi Sketchup. dan semoga hal itu bisa di nikmati oleh kalian juga, baiklah demikian saja ulasan dari kami, semoga bermanfaat, dan Terimakasih atas kunjungan kalian pada blog kami, salam Create your Creativity. dan jangan lupa kunjungi juga artikel kami yang lainnya. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Program 3D Desain Google Sketchup

0 komentar:

Post a Comment